-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 3 berjudul Globalisasi dan Cinta Tanah Air.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136

Pada subtema 3 pembelajaran 6 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 130-136. Pembelajaran 6 ini diuraikan lagi ke dalam beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mencoba halaman 130
  • Ayo Berdiskusi halaman 131
  • Ayo Menulis halaman 132
  • Evaluasi halaman 133
  • Ayo Renungkan halaman 136

Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 3 pembelajaran 6 halaman 131-136 :

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 131, teman-teman diminta mengisi diagram tentang cinta produk Indonesia yang disajikan. Diagram tersebut meliputi contoh, bukan contoh, manfaat, dan definisi dari cinta produk Indonesia.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 131

Jawaban (Halaman 131)

Cinta produk Indonesia
Contoh :
  • Membeli produk dalam negeri
  • Menggunakan produk buatan Indonesia
  • Mengganggap kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri

Bukan contoh :
  • Memilih produk dari luar negeri
  • Melakukan impor barang
  • Meremehkan kualitas produk  lokal

Manfaat :
  • Membuat ekonomi Indonesia tetap stabil bahkan meningkat
  • Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
  • Lapangan pekerjaan semakin luas
  • Mengembangkan kreativitas para pengrajin dalam negeri

Definisi :
Cinta produk Indonesia merupakan upaya untuk menjunjung tinggi produk Indonesia sebagai bentuk penghargaan terhadap kreativitas anak bangsa.

Ayo Menulis

Pada halaman 132, teman-teman diminta menemukan informasi penting dari teks eksplanasi yang ada di pembelajaran 1. Informasi penting yang telah ditemukan, ditulis pada kotak berseri yang tersedia.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 133

Jawaban (Jalaman 132)

Halaman 1 (Judul)
Kunci jawaban kelas 6 tema 4 halaman 132

Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
Teknik Elektro FTUI meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya.

Halaman 3 : Deret Penjelas
Paragraf 2 :
  • Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
  • Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.
  • Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.

Halaman 4 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 3 :
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.

Evaluasi
Jawaban evaluasi tema 4 kelas 6 halaman 133, 134, 135, 136





Pada halaman 133 sampai 136, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Jawaban (Halaman 133-136)

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Berpikir global, bertindak lokal adalah bersikap terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak sampai mengikuti kebiasaan-kebiasaan asing yang negatif.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Proses panel listrik tenaga surya
Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 134
Contoh teks eksplanasi :
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari. Bahan dari panel-panel tersebut merupakan bahan yang termasuk semikonduktor yaitu silikon. Berdasarkan muatannya, silikon dibagi menjadi 2 yaitu tipe-p dengan muatan positif dan tipe-n dengan muatan negatif. Umumnya setiap panel tersusun dari 2 lapisan silikon tersebut.

Dalam prosesnya, awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Ketika panel-panel surya terkena panas dari cahaya matahari, lapisan tipe-p akan terhubung dengan lapisan tipe-n. Pada dasarnya, bahan semikonduktor dapat menghantarkan listrik ketika terkena panas. Karena hubungan tersebut, membuat muatan negatif pada lapisan tipe-n mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p sehingga membentuk medan listrik. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Listrik yang tersimpan dalam baterai akan dinaikkan dahulu oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Setuju, karena salah satu cita-cita bangsa adalah memajukan kesejahteraan umum. Dengan mencintai dan membeli produk sendiri, maka kita meningkatkan ekonomi para pemilik usaha dalam negeri yang juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan mereka. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu sikap cinta tanah air.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 135

Luas :
L = 6 x (r x r)
L = 6 x (6 x 6)
L = 6 x 36
L = 216 cm2
Volume :
V = r3
V = 63
V = 216 cm3

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.
Jawaban evaluasi tema 4 kelas 6 halaman 135

Luas :
L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)
L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)
L = 320 + 80 + 48
L = 448 cm2
Volume :
V = 8 3 + 43
V = 512 + 64
V = 576 cm3

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan.
L = 4 x 6 x (10 x 10)
L = 24 x 100
L = 2.400 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dia perlukan adalah 2.400 cm2.

8. Aku juga bingung

Lihat juga : Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Wirausaha Buku Tematik

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel