Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55
Oktober 08, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 – Buku siswa kelas 6 tema 2 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Persatuan dalam Perbedaan dengan subtema 2 berjudul Bekerja Sama Mencapai Tujuan.
Pada subtema 2 pembelajaran 2 terdiri dari 11. Dari 11 halaman tersebut, terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan halaman 53, 54, 55. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 53-55 :
Pada halaman 52 disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca untuk mengambil nilai moral dari isinya.
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka.
Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,
“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.
“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.
Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.
Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 53 sampai 54.
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Pada halaman 55, teman-teman diminta mengingat kembali tentang pola lantai.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 58, 60, 61
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 53, 54, 55. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal.
Pada subtema 2 pembelajaran 2 terdiri dari 11. Dari 11 halaman tersebut, terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca pada halaman 52
- Ayo Berdiskusi pada halaman 55
- Ayo Berkreasi pada halaman 55
- Ayo Berlatih pada halaman 58 dan 60
- Ayo Renungkan pada halaman 62
Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan halaman 53, 54, 55. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 53-55 :
Ayo Membaca
Pada halaman 52 disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca untuk mengambil nilai moral dari isinya.
Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.
Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.
Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.
“Seru dan menantang!” kata mereka.
Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,
“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.
“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.
Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.
Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 53 sampai 54.
Jawaban (Halaman 53-54)
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Perbedaan permainan yang digemari, kebiasaan, bahasa, adat, agama, warna kulit, serta daerah asal.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Edo dan kawan-kawan tidak peduli dengan perbedaan yang ada. Mereka lebih memilih saling memahami.
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Tidak, mereka tetap bisa bisa bekerja sama, rukun dan bersatu walaupun dalam perbedaan.
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Pada dasarnya, bekerja sama dapat mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, kita bisa menambah teman serta mengenal hal-hal baru.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Pernah. Saya pernah ditanyai teman yang beragama Kristen tentang materi yang belum ia mengerti. Dengan senang hati sayapun membantunya.
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Perbedaan itu bukan penghambat yang perlu dihindari. Justru dengan perbedaan membuat kita mengenal hal-hal baru dan pastinya memperbanyak teman.
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Dengan bekerja sama dan persatuan, apapun pekerjaan akan terasa lebih mudah. Selain itu, keutuhan NKRI tetap terjaga.
Ayo Berkreasi
Pada halaman 55, teman-teman diminta mengingat kembali tentang pola lantai.
Jawaban (Halaman 55)
Pola lantai merupakan suatu pola yang menentukan arah perpindahan atau pergeseran posisi serta menentukan gerakan yang harus dilakukan oleh penari untuk menguasai suatu ruang.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 58, 60, 61
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 53, 54, 55. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal.