-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 45, 46, 47, 48, 49, 50

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 45, 46, 47, 48, 49, 50 – Buku siswa kelas 6 tema 2 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Persatuan dalam Perbedaan dengan subtema 2 berjudul Bekerja Sama Mencapai Tujuan.
Kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 45, 46, 47, 48, 49

Pada subtema 2 pembelajaran 1 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 44-51. Pada pembelajaran 1 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 44
  • Ayo Mengamati halaman 48
  • Ayo Membaca halaman 49
  • Ayo Mengamati halaman 50
  • Ayo Renungkan halaman 51

Pada subjudul-subjudul tersebut teman-teman akan menemui soal-soal yang harua dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 :

Ayo Membaca


Teman-teman akan disajikan teks tentang perjuangan bangsa Indonesia setelah kemerdekaan. Teman-teman diminta untuk membacanya agar wawasan bertambah.

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah?

Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya tema 2 kelas 6 halaman 45
Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.

Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.

Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Pada halaman 45, teman-teman diminta mengerjakan peta pikiran berdasarkan teks Pertempuran Surabaya.
Peta pikiran tema 2 kelas 6 halaman 45

Jawaban (Halaman 45)


Apa
Pertempuran di Surabaya antara Indonesia dan Inggris.

Mengapa
Karena Indonesia menolak ultimatum dari Inggris.

Siapa
Rakyat Indonesia dan pasukan Inggris.

Bagaimana
Terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Surabaya digempur dari darat, laut, dan udara. 

Kapan
  • Sekutu datang 25 Oktober 1945
  • Terjadi kontak senjata pada 27-30 Oktober 1945.
  • Inggris mengeluarkan ultimatum pada 9 November 1945
  • Pertempuran dahsyat pada 10 November 1945

Di mana
Di Surabaya.

Kemudian teman-teman diminta membuat tulisan tentang Pertempuran Surabaya menggunakan kata-kata sendiri dan berdasarkan peta pikiran yang telah dibuat.

Jawaban (Halaman 46)


Sekutu datang pada 25 Oktober 1945 yang dipimpin Brigjend Mallaby. Pada pertempuran 27-30 Oktober 1945, Indonesia mengalahkan pasukan Inggris sekaligus membunuh Brigjend Mallaby.

Kemudian Inggris mengeluarkan ultimatum pada 9 November 1945 tetapi Indonesia menolaknya. Pada tanggal 10 November 1945 Indonesia digempur pasukan Inggris dari berbagai arah. Tanggal pertempuran ini kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Kemudian teman-teman diminta menulis makna yang bisa dipetik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya.

Jawaban (Halaman 46)


Demi mempertahankan NKRI, rakyat harus berani menghadapi ancaman apapun. Selama rakyat masih bersatu, maka kita adalah bangsa yang kuat.

Ayo Mengamati


Di halaman 48, teman-teman akan menemukan gambar dari 4 jenis hewan yang berbeda. Teman-teman diminta mengidentifikasi ciri hewan itu sendiri serta ciri habitat yang menjadi tempat tinggalnya.
Ciri-ciri hewan dan habitatnya

Jawaban (Halaman 48-49)

Kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 48-49


Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!
Tentu saja. Setiap habitat memiliki ciri-ciri yang berbeda seperti struktur alam, ancaman, dan sumber makanan bagi yang hidup di dalamnya. Sehingga ciri hewan harus sesuai dengan kondisi habitat agar hewan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Ayo Mengamati


Di halaman 50, teman-teman diminta mengamati hewan yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian menuliskan hasil pengamatan ke dalam tabel. Hasil pengamatan meliputi ciri khusus hewan tersebut serta habitatnya. Mungkin di setiap lingkungan terdapat hewan yang berbeda. Namun, saya akan memberi contoh hewan yang umum ditemukan di sekitar rumah.

Jawaban (Halaman 50) 

Kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 50


Tulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Setiap hewan dianugerahi ciri khusus yang unik oleh Tuhan. Ciri khusus menjadi identitas suatu hewan sekaligus untuk menyesuaikan dirinya dengan habitatnya.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 45, 46, 47, 48, 49, 50. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel