-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 123

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 123 – Untuk buku siswa kelas 6 tema 2 edisi revisi 2018 yang diterbitkan berjudul Persatuan dalam Perbedaan dengan subtema 3 berjudul Bersatu Kita Teguh.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 123

Pada subtema 3 pembelajaran 4 terdiri dari 8 halaman yaitu 122 sampai 129. Pada bab ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 122
  • Ayo Menulis halaman 124
  • Ayo Berlatih halaman 125 dan 126
  • Ayo Renungkan halaman 129

Pada subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 122 dan 123. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 3 pembelajaran 4 halaman 123 :

Ayo Membaca
Kunci jawaban ayo membaca tema 2 kelas 6 halaman 123




Pada subjudul Ayo Membaca ini teman-teman diharuskan membaca sebuah teks.

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.
Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat.
Sebaliknya, jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.
Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa Indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.
Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.
Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat. Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera!

Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian terdapat peta pikiran yang harus diisi.
Jawaban peta pikiran tema 2 kelas 6 halaman 123

Jawaban (Halaman 123)

Apa
Persatuan menjadi modal utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Mengapa
Karena rakyat yang bersatu dapat mendukung pembangunan demi kesejahteraan rakyat.

Siapa
Seluruh rakyat Indonesia.

Bagaimana
Bersikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan yaitu dengan menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Kapan
-

Di mana
Di Indonesia.

Lihat juga :Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 125, 126, 127, 128, 129

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 123. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab tugas yang diberikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel